Perbedaan Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan

Setelah kita memahami pengertian  akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan, mari kita lihat perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.

 1.Tujuan

 Tujuan Akuntansi keuangan bertujuan untuk menyusun laporan keuangan  untuk suatu periode akuntansi tertentu suatu perusahaan. Akuntansi manajemen, sebaliknya, bertujuan untuk menghasilkan laporan yang rinci dan spesifik.

 Tujuan akuntansi manajemen juga  untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dalam suatu perusahaan dan mencari solusi dari permasalahan tersebut.

 2. Pengguna

 Pengguna Akuntansi keuangan ditujukan kepada pihak eksternal di luar perusahaan, seperti investor, kreditor, pemerintah, dan analis keuangan. Oleh karena itu, akuntansi keuangan tidak mempunyai pengaruh terhadap keputusan manajemen. Di sisi lain, akuntansi manajemen menargetkan pemangku kepentingan internal  seperti manajer, supervisor,  dan eksekutif. Oleh karena itu, akuntansi manajemen mempunyai dampak langsung terhadap pengambilan keputusan  perusahaan.

 3. Ruang Lingkup

 Akuntansi keuangan menghasilkan laporan yang berisi data keuangan perusahaan secara komprehensif seperti laporan laba rugi dan neraca keuangan. Akuntansi manajemen, di sisi lain, membuat laporan yang berfokus pada satu bagian perusahaan, seperti produksi atau pemasaran. Laporan ini dimaksudkan untuk memberikan informasi spesifik pada bagian tersebut.

  4. Periode 

Laporan keuangan dalam akuntansi keuangan biasanya bersifat perpetual, mencakup jangka waktu tertentu seperti bulanan, tahunan, atau semesteran. Di sisi lain, akuntansi manajemen  memiliki  periode waktu yang lebih fleksibel. Laporan ini mencakup periode waktu yang lebih singkat tergantung kebutuhan perusahaan Anda, seperti mingguan atau harian.

 5. Laba

Laba dalam akuntansi keuangan ditujukan bagi pihak eksternal untuk mengambil keputusan investasi dan ekonomi serta mengevaluasi kinerja operasi. Keuntungan akuntansi manajemen bagi pengguna internal adalah menyediakan data saat ini dan masa depan seperti penganggaran, optimalisasi operasional, dan evaluasi operasional.

 6. Fungsi

Fungsi akuntansi keuangan adalah melaporkan keadaan dan kinerja suatu perusahaan kepada pihak luar seperti investor. Akuntansi manajemen berfokus pada komunikasi internal, termasuk bagi para manajer.

 7. Tingkat Kesulitan

Akuntansi manajemen memerlukan tenaga ahli dari berbagai bidang akademik, sehingga relatif lebih sulit dibandingkan akuntansi keuangan.

 8. Fokus

Akuntansi keuangan berfokus pada informasi yang tersedia di masa lalu dan menguraikan tanggung jawab  manajemen atas aktivitas pengelolaan dana perusahaan. Akuntansi manajemen memiliki fokus yang berguna pada data masa depan.

Inilah perbedaan akuntansi manajemen dan akuntansi keuangan.