4 Fungsi Utama ChatGPT

ChatGPT yang namanya sudah santer terdengar, memang mempunyai segudang fungsi. ChatGPT adalah program Artificial Intelligence (AI) berbasis Language Model (model bahasa) yang dikembangkan OpenAI.

Secara konsep, Language Model sendiri merupakan mesin pembelajaran yang dapat menyajikan jawaban dengan menganalisis teks dalam sebuah data yang sudah dipelajari sebelumnya. Prediksi itu menjadi jawaban dari teks/pertanyaan yang diinput pada chatGPT oleh pengguna. Untuk bisa menyajikan output, Chat GPT yang berbasis Language Model telah dilatih dengan data berjumlah besar. Ketika pengguna memasukkan perintah, ChatGPT akan mencocokkannya dengan data yang telah dipelajari.

Chat GPT dapat menjawab berbagai macam perintah dan pertanyaan. Jawaban ChatGPT sendiri dibuat dalam format layaknya percakapan antar sesama manusia. Untuk menghasilkan jawaban yang kompleks, ChatGPT dilatih dengan sekumpulan data dan pelatih AI manusia untuk memberikan jawaban atas pertanyaan yang diketikkan. Dengan cara ini, ChatGPT bisa menghasilkan respons natural ketika berinteraksi dengan pengguna. Lantas, untuk apa saja ChatGPT akan bisa berguna?

Fungsi Chat GPT

1. Menyusun Teks

Fungsi ChatGPT yang pertama adalah untuk menyusun teks. Pengguna bisa meminta ChatGPT untuk membuat narasi teks dengan tujuan, format, dan gaya bahasa yang sesuai dengan permintaan. Misalnya, ChatGPT bisa membuatkan teks pidato dengan panjang kata sebanyak 500 kata dan menggunakan kata-kata formal. MIsalnya pidato untuk acara perpisahan di pesta kelulusan.

2. Melengkapi Teks

 ChatGPT dapat dipakai untuk melengkapi teks. Pengguna dapat meminta ChatGPT untuk melengkapi teks yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, “saya ingin makan..” Fungsi ini berguna untuk melengkapi pernyataan yang Anda buat, sehingga jawabannya akan “saya ingin makan tahu.”

3. Merangkum Teks

Pengguna dapat memasukkan teks tertentu berisi beberapa paragraf dan meminta ChatGPT menuliskan rangkumannya. Fungsi ini berguna untuk memahami isi buku atau teks panjang.

4. Parafrase Teks

Dengan kata lain, yaitu “membahasakan ulang”. ChatGPT berguna untuk melakukan parafrase teks. ChatGPT dapat menulis ulang tulisan dengan gaya berbeda, tetapi memiliki substansi yang sama seperti teks aslinya.