5 Profesi Menarik Bidang AI

Dunia kerja sedang mengalami perubahan besar akibat  perkembangan maju dalam kecerdasan buatan (AI). Hampir seperempat pekerjaan akan berubah dalam lima tahun ke depan, ungkap World Economy Forum (WEF). Artinya lapangan kerja akan hilang dan lapangan kerja baru akan tercipta. WEF memperkirakan lapangan kerja akan menurun sebanyak 14 juta orang dalam  lima tahun ke depan. Dan inilah 5 profesi bidang AI yang paling dicari.

1. Data Scientist

Kebutuhan akan profesi ini akan terus tumbuh dan permintaan akan meningkat di tahun-tahun mendatang. Data scientist sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan besar. Oleh karena itu, biasanya data scientist menerima gaji pokok 36% lebih tinggi dibandingkan sebagian besar pekerjaan di industri ini. Menggiurkan?

2. Machine Learning Engineer

Bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem pembelajaran mesin. Tugasnya adalah mengembangkan algoritma pembelajaran mesin, membuat model prediktif, dan mengoptimalkan sistem. Menjadi insinyur pembelajaran mesin memerlukan pengetahuan mendalam tentang statistik, matematika, dan teknik pemrograman.

3. Insinyur Data 

Insinyur data bertanggung jawab untuk menemukan tren dalam pengumpulan data dan mengembangkan algoritma untuk membuat data mentah lebih berguna bagi bisnis. Menjadi seorang insinyur data memerlukan berbagai keterampilan teknis, termasuk pengetahuan mendalam tentang desain database SQL dan berbagai bahasa pemrograman.

 4. Ilmuwan AI 

Para ahli ini menggunakan teknik pembelajaran mesin tradisional seperti pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf mesin untuk membuat model yang mendukung aplikasi berbasis AI. Hal ini menjadikan profesi ini paling diminati oleh perusahaan-perusahaan di bidang AI.

5. Algorithm Engineer

Fokusnya pada desain, analisis, implementasi, optimasi, pembuatan profil, dan evaluasi eksperimental algoritma komputer. Selain itu, profesi ini juga membantu dalam menggabungkan teori algoritma dengan penerapan praktis algoritma dalam pengembangan perangkat lunak. Jika Anda tertarik bekerja di bidang AI, Anda bisa mulai mempelajari teknik Ilmu Komputer.

Tidak ada ruginya belajar ilmu-ilmu diatas dalam rangka mengikuti perkembangan dunia digital. Suatu hari mungkin akan bermanfaat untuk Anda. Jangan tunda lagi, mulailah belajar dari sekarang.