4 Fungsi Akuntansi Perpajakan

Tentu saja dalam bidang akuntansi kita sering mendengar istilah akuntansi pajak. Akuntasi jenis ini berbeda dengan akuntansi biasa. Akuntansi perpajakan mempunyai fungsi penting dalam penghitungan pajak dan membantu mencapai hasil perpajakan yang lebih akurat.

Oleh karena itu, wajib pajak harus memahami neraca pajak karena pentingnya pengetahuan tersebut. Tentu saja, mereka yang berpengalaman di dunia keuangan akan pandai akuntansi di banyak industri.

Akuntansi perpajakan sudah bukan lagi menjadi hal yang tabu dan tentunya semakin banyak digunakan dalam bidang keuangan perusahaan. Mengingat akuntansi perpajakan mempunyai peranan yang sangat penting dalam menghitung laporan keuangan suatu perusahaan atau unit, maka selain untuk mengetahui besarnya pajak yang terutang, akuntansi pajak juga mempunyai fungsi sebagai berikut:

1. Menaikkan pajak kesadaran wajib pajak

Fungsi utama akuntansi perpajakan adalah untuk meningkatkan kesadaran perpajakan wajib pajak. Lebih khusus lagi, untuk meningkatkan kesadaran tentang kewajiban organisasi ekonomi dan masyarakat dalam membayar pajak.

 2. Potensi alat analisis dan peramalan pajak perusahaan

Adanya fungsi akuntansi perpajakan, yaitu alat untuk menganalisis dan meramalkan kemungkinan pajak perusahaan di masa depan. Oleh karena itu, perseroan telah memiliki rancangan perkiraan pajak terutang tahun depan dan berencana tetap membayar pajak tepat waktu.

 3. Melindungi hak perpajakan pemerintah

Fungsi ketiga adalah melindungi hak perpajakan. Hal ini sangat penting karena semua perusahaan harus menyampaikan laporan keuangan secara transparan dan akurat kepada Departemen Jenderal Pajak.

 Sebab, seluruh rupiah yang diterima negara, baik dari individu maupun organisasi, akan berkontribusi terhadap pembangunan negara yang lebih baik.

 4. Sebagai dokumen evaluasi

Seperti yang Anda ketahui, laporan keuangan akan menjadi dokumen penting yang dapat Anda bandingkan saat Anda membutuhkannya nanti.

 Selain itu, juga dapat digunakan sebagai bukti tertulis berupa laporan keuangan resmi yang diterbitkan oleh perusahaan-perusahaan di pasar keuangan global.

Inilah fungsi akuntansi perpajakan yang bisa diterapkan untuk perusahaan Anda. Cobalah untuk melakukannya dengan lebih baik sehingga Anda bisa mendapatkan keuangan perusahaan yang lebih rapih dan terhindar dari kesalahan.