4 Ciri Laporan Keuangan yang Baik

Ciri-ciri laporan keuangan yang baik akan mendukung data-data keuangan yang ditampilkan secara kuantitatif dan kualitatif. Simak di bawah ini:

1. Laporan harus relevan

Pelaporan data keuangan akan dianggap relevan dan tepat apabila laporan yang disajikan mampu mengarahkan pengambil keputusan perusahaan dalam  menentukan kebijakan baru yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan memperbaiki aspek lainnya.

2. Isi laporan harus dapat diandalkan

Jenis laporan akuntansi keuangan yang baik akan dinyatakan akurat bila orang yang memberikan data keuangan tersebut memberikan informasi yang dapat diandalkan dan terfokus. Ada 3 kriteria dapat dipercaya disini: jujur, dapat diverifikasi dan netral atau tidak memihak kepentingan apapun.

3. Laporan keuangan yang baik dan mudah dipahami

Laporan harus disusun secara cermat agar setiap kepala departemen dapat lebih memahami segala bentuk transaksi yang dicatat didalamnya. Ketika laporan dapat dibaca dengan jelas, maka strategi yang digunakan untuk merencanakan penjualan di masa depan juga akan menjadi lebih jelas.

4. Faktor pembanding dalam pelaporan keuangan yang baik

Laporan yang baik harus memuat informasi yang lengkap dan dapat dipercaya agar dapat digunakan sebagai bahan perbandingan. Untuk mengambil keputusan tentang apa yang perlu diperbaiki di masa mendatang, termasuk strategi pemasaran produk. Dalam menyusun data keuangan tentu perlu diteliti isinya dan dipersiapkan dengan baik. Untuk memperoleh data keuangan yang valid dan akurat, setiap perusahaan sekurang-kurangnya harus mempunyai dua data keuangan khususnya laporan laba rugi dan neraca.

Laporan laba rugi mencakup pembelian dan penjualan produk dan layanan yang dilakukan oleh perusahaan terkait. Dengan adanya laporan ini, Anda bisa menghitung tingkat efisiensi operasional yang dicapai dan menerapkan strategi untuk meningkatkan laba perusahaan pada periode  berikutnya.

Sedangkan laporan neraca atau buku besar mencakup segala jenis transaksi keuangan yang terjadi dalam suatu usaha kemudian dirangkum  dalam suatu spreadsheet yang menyajikan segala jenis transaksi beserta bukti-buktinya.

Pastikan Anda mempunyai semua ciri laporan keuangan yang baik supaya laporan menjadi lengkap dan akurat untuk kemajuan bisnis Anda.