4 Perbedaan Jenis Pekerjaan Finance dan Accounting

Dalam sebuah perusahaan ada posisi yang mengurus keuangan. Namun, apa perbedaan finance dan accounting pada umumnya?

Finance Staff

1. Mengelola uang dan investasi

Untuk individu, perusahaan, dan pemerintah. Finance akan berhubungan dengan uang, kredit, aset, serta perbankan untuk bisa mendapatkan dana agar bisa mengelola perusahaan. Staff finance akan bertanggung jawab untuk memastikan adanya pendanaan atau modal yang cukup kebutuhan perusahaan dan mengalokasikan dana seoptimal mungkin.

2. Mengelola administrasi keuangan perusahaan

Seperti eksekusi pembayaran pajak, gaji, hingga tagihan. Staff finance juga nantinya akan bisa melakukan analisis laporan keuangan untuk memprediksi keuangan perusahaan di periode yang berikutnya. Namun, keuangan juga perlu mengelola pengeluaran perusahaan setiap hari seperti pembelian bahan baku dan cost produksi. Distribusi keuangan tidak hanya dalam mengelola keuangan perusahaan saja, tetapi finance staff juga harus mengelola keuangan dengan melakukan investasi yang dapat menguntungkan.

3.    Mengelola keuntungan 

Keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan akan dikelola oleh staf keuangan, sehingga staf keuangan harus tahu apakah keuntungan yang dihasilkan bisa dibagi ke pemegang saham atau didistribusikan untuk keperluan investasi bisnis.

4.    Membuat perencanaan keuangan kepada pemimpin

Tugas terakhir seorang finance staff adalah membuat perencanaan atau juga meyakinkan direktur untuk melakukan investasi, mengelola keuntungan, hingga membuat anggaran modal. Sehingga, staf keuangan harus memiliki skill komunikasi yang cukup baik terutama dengan direktur perusahaan.

Accounting staff

1. Bertugas untuk mencatat, memelihara, dan melaporkan keuangan perusahaan

Staff accounting akan bertanggung-jawab untuk memastikan bahwa semua transaksi keuangan dimasukkan dengan benar ke dalam buku besar dan laporan keuangan.

2.     Menilai kontribusi sumber dana

Staf akuntansi akan menilai seberapa besar kontribusi dana yang bisa berkaitan dengan keuntungan perusahaan dan juga akan memutuskan dan mengalokasikan dana agar keuangan perusahaan bisa tetap stabil.

3.     Memastikan tagihan terbayar on time

Walaupun, yang membayar tagihan perusahaan adalah staf keuangan, tetapi yang memastikan semua tagihan dibayarkan sebelum jangka waktu yang ditetapkan adalah tugas accounting staff. Hal ini bertujuan agar perusahaan tidak merugi untuk membayar denda.

4.     Mengatur kontrak terkait keuangan

Sebuah perusahaan tentunya akan melakukan pinjaman atau kerjasama dengan klien, kreditur, atau konsumen. Maka dari itu tugas staf akuntansi adalah mengatur dan memastikan kontrak apakah sudah sesuai atau belum.

Perbedaan finance dan accounting sudah terlihat dari empat poin ini. Lalu, akankah pekerjaan accounting digantikan oleh AI?