Public Speaking 101

Kriteria public speaking yang baik adalah harus dapat menyampaikan pesan yang jelas dan efektif kepada audiens sehingga dapat mempengaruhi pendapat, perasaan atau tindakan mereka. Berbicara di depan umum membutuhkan intonasi, kreativitas, dan keterampilan berbicara yang baik.

Keterampilan berbicara ini meliputi teknik presentasi, gaya berbicara, penggunaan bahasa tubuh dan interaksi dengan audiens. Keberhasilan sebuah pidato tercermin dari kemampuan pembicara untuk berhubungan dengan audiens dan membuat mereka merasa nyaman dan terlibat dalam presentasi. Public speaking merupakan skill yang sangat berguna karena  bisa menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi audiens yang mendengarnya. 

Apakah Anda tertarik untuk meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum? Berikut lima pertanyaan public speaking yang sering terlintas di benak banyak orang.

1. Bagaimana Anda menemukan topik yang menarik?

Tentunya sulit untuk membaca tentang topik yang menarik tanpa membaca sekilas programnya. Topik bisa didapatkan dari peserta. Anda juga bisa mendapatkan opini dari orang lain melalui pilihan topik yang ditawarkan di media sosial.

2. Seberapa sering saya harus berlatih?

Tidak ada batasan dalam praktik berbicara. Namun, berlatihlah sampai Anda memahami pesan atau materi yang ingin Anda sampaikan. Cara praktisnya bisa berbicara di depan cermin atau merekam suara sendiri.

3. Berapa banyak pesan yang harus disampaikan?

Pesan yang akan disampaikan tidak boleh terlalu panjang, apalagi jika acara tersebut terkena batas waktu. Penonton bahkan tidak akan mengingat pesan Anda jika terlalu panjang. Sampaikan pesan dengan sederhana, namun tepat dan padat, sehingga lebih mudah dipahami oleh audiens.

4. Bagaimana cara membuat penonton nyaman?

Gunakan intonasi dan bahasa tubuh yang sesuai saat berinteraksi dengan audiens. Ingatlah untuk meninggalkan pesan lucu agar suasana acara tidak terkesan tidak nyaman.

5. Bagaimana agar tidak gugup saat tampil?

Mulailah pertunjukan dengan interaksi dua arah dengan penonton. Anda dapat mengajukan pertanyaan tentang topik atau salam interaktif. Rasa gugup bisa hilang dan anda bisa mengingat materi yang ingin diajarkan agar tidak ketinggalan.