Cara Mudah Manajemen Back Office Bisnis Rumahan

Bercita-cita mendirikan bisnis rumahan? Selain strategi marketing yang harus Anda siapkan, manajemen back office yang kuat juga perlu mendapat perhatian. Blog kali ini akan menjelaskan bagaimana software aplikasi kasir dari Luna POS bisa mempermudah pekerjaan Anda.

Apa saja sih fitur Luna POS yang berguna untuk membantu kegiatan operasional back office bisnis rumahan Anda? Mari kita pelajari!

1. Dasbor Analisa Bisnis

Dari sini Anda bisa melihat semua data dalam bentuk grafik. Dengan adanya data ini, Anda bisa mengetahui tentang saat kapan penjualan mencapai titik tertinggi, cabang paling ramai, produk paling laris, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memilih rentang waktu tertentu untuk melihat data yang Anda inginkan.

2. Manajemen Persediaan

Sering bingung mengelola stok barang? Jangan khawatir, dengan Luna POS, persediaan barang dapat dikelola dengan mudah. Dengan fitur ini, bahan baku dapat tercatat dengan rapi dan stok awal juga bisa ditentukan. Selain manajemen persediaan, Anda juga bisa melakukan pencatatan PO pembelian, menentukan harga modal, melakukan stok opname. Jika stok barang sudah mencapai batas minimum yang ditentukan, aplikasi akan memberitahu Anda. Jika Anda mempunyai gudang yang berbeda tempat, mutase barang antar gudang juga bisa dilakukan dengan Luna POS. Dengan demikian, bisnis rumahan Anda akan lebih teratur.

3. Sistem Akuntansi

Tidak hanya berfungsi untuk mencatatkan stok barang, aplikasi kasir Luna POS juga berguna sebagai sistem pembukuan untuk bisnis rumahan Anda. Semua aktifitas mulai dari pembelian, penjualan, pengeluaran (semua biaya-biaya), pendapatan, mutasi barang, penyesuaian stok akan diolah otomatis menjadi laporan laba rugi dan neraca bahkan sampai detail ledger juga. Anda juga bisa menambahkan COA (chart of account) sehingga jurnal manual dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Database

Sesuai dengan namanya, database berisi semua data dari customer, supplier, maupun karyawan. Data lain yang bisa ditampilkan seperti, kebiasaan pelanggan dalam berbelanja: waktu, makanan/minuman favorit, dan total belanja.  Semua data dapat diunduh ke dalam bentuk excel.

Ingin mendirikan bisnis rumahan? Tidak sulit lagi, bukan? Segera hubungi Luna POS untuk informasi lebih lanjut.