Lima Tips Untuk Memilih Bisnis Franchise

Untuk Anda yang ingin membuka usaha, bisnis waralaba bisa Anda lirik karena kemudahaan yang ditawarkan. Modalnya sudah pasti, beberapa reputasi bisnis franchise juga terlihat baik sehingga Anda tidak perlu membangun bisnis dari nol. Namun, bukan berarti bisnis franchise tanpa resiko. Kalau begitu, kira-kira faktor apa saja ya yang harus diperhatikan sebelum memilih bisnis ini?

1. Pilih Bidang Bisnis yang Kamu Sukai

Ada baiknya memilih bisnis yang menjadi keahlian atau bidang yang Anda sukai. Jika Anda suka membuat kue, pilihlah bisnis franchise toko kue. Dengan begitu, Anda akan lebih semangat dalam mengembangkan bisnis toko kue tersebut karena sudah sama dengan minat Anda.

2. Produk atau Jasa Dibutuhkan Banyak Orang

Beberapa bidang usaha menguasai sebagian besar kebutuhan masyarakat seperti supermarket atau apotik. Atau bidang lain yang perlu dipertimbangkan walaupun banyak saingannya seperti kedai kopi atau kuliner.

3. Bisnis Franchise yang Sedang Naik Daun

Masih ingat ketika minuman boba Xing Fu Tang masuk pertama kalinya di Jakarta? Masyarakat rela antri sampai berjam-jam untuk mendapatkan segelas minuman boba tersebut. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut akan bertahan lama dan tetap diminati masyarakat.

4. Tidak Tergiur Oleh Cerita Sukses dari Orang Lain

Jika Anda berselancar di website bisnis franchise, pasti banyak cerita sukses yang ditonjolkan untuk menarik minat calon pengusaha. Padahal dibalik cerita sukses, ada perjuangan yang keras juga untuk membuat sebuah usaha menjadi besar. Jadikan cerita sukses ini sebagai referensi saja, tidak lantas tergiur dan langsung membuka banyak cabang

5. Membeli Bisnis Franchise Sesuai Budget

Hitung dulu semua modal yang siap untuk dikeluarkan. Jika Anda membeli bisnis diluar modal yang Anda punya, maka akan ada kesulitan ketika biaya-biaya lain muncul. Beberapa franchise menawarkan membayar dengan kartu kredit, namun dengan biaya bunga yang juga tidak kecil.

Setelah membuka bisnis franchise, Anda bisa mempertimbangkan Luna POS sebagai aplikasi kasir yang akan membantu Anda untuk mengatur kegiatan back office, laporan keuangan, laporan penjualan, database pelanggan, dan masih banyak lagi. Segera hubungi kami untuk penawaran terbaik!