3 Macam Efisiensi dan Kegunaannya

Istilah efisiensi erat kaitannya dengan alokasi sumber daya. Efisiensi adalah ketepatan suatu cara (usaha, kerja) untuk mencapai sesuatu (tanpa kehilangan waktu, tenaga, biaya). Semakin sedikit sarana atau sumber daya yang digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan, maka dapat dikatakan semakin efektif.

Singkatnya, konsep efisiensi adalah konsep terukur yang dapat ditentukan dengan menggunakan rasio output yang bermanfaat terhadap total input. Efisiensi meminimalkan pemborosan sumber daya seperti bahan fisik, energi dan waktu dalam mencapai hasil yang diinginkan. Macam efisiensi adalah:

1. Efisiensi Keuangan

Jenis efisiensi yang pertama adalah efisiensi keuangan. Efisiensi ekonomi berarti mengoptimalkan sumber daya untuk melayani semua orang dengan sebaik-baiknya dalam kondisi ekonomi tertentu. Dalam efisiensi ekonomi ini tidak ada ambang batas yang menentukan efisiensi ekonomi, tetapi indikatornya adalah barang yang dibawa ke pasar dengan biaya serendah mungkin dan pekerja yang menghasilkan hasil terbanyak.

 2. Efisiensi Pasar

Jenis efisiensi selanjutnya adalah efisiensi pemasaran. Efisiensi pasar adalah istilah yang relatif luas dan dapat berarti metrik apa pun yang mengukur penyebaran informasi di pasar. Efisiensi pasar menggambarkan seberapa baik harga mengintegrasikan informasi yang tersedia. Efisiensi pasar ini berarti suatu pasar dikatakan efisien ketika semua informasi termasuk dalam harga atau semua informasi ditransmisikan dengan sempurna, lengkap, segera dan gratis. Efisiensi pasar dijelaskan oleh ekonom Eugene Fama pada tahun 1970, menurut hipotesis pasar yang efisien, investor tidak dapat mengungguli pasar.

3. Efisiensi Operasional

Macam efisiensi yang terakhir adalah efisiensi operasional, yang adalah hubungan antara output dan input organisasi. Dalam hal ini, efisiensi operasi yang sehat dapat membantu perusahaan mengurangi biaya yang tidak perlu sekaligus meningkatkan pendapatan. Tujuannya adalah untuk mencapai efisiensi operasional di perusahaan dengan menghasilkan produk berkualitas tinggi dalam skala besar dengan sumber daya sesedikit mungkin. Untuk mengurangi biaya overhead, manajer operasi harus dapat mengidentifikasi proses mana yang tidak diperlukan. Untuk melakukan ini, mereka harus dapat mengenali dasar dari aktivitas tersebut. 

Selamat mencoba!