7 Jenis Pekerjaan yang Tidak Akan Digantikan Oleh Robot

Ada pekerjaan tertentu yang tidak akan digantikan oleh robot. Apa sajakah itu?

1. Karya Kreatif

Robot dengan kecerdasan buatan diprogram untuk mengoptimalkan kemampuannya untuk mencapai tujuan tertentu. Tapi robot tidak bisa kreatif. Pekerjaan yang membutuhkan kreativitas tidak bisa tergantikan.

2. Penulis

Menciptakan ide-ide baru yang dapat dipengaruhi oleh emosi, pengalaman hidup, dan imajinasi. Penulis kemudian memproduksinya di blog, di buku, atau di film dan naskah drama. Bot dapat menghasilkan teks berdasarkan data saran judul dan instruksi penulisan yang dimasukkan ke dalam program. Namun keunikan karya robot tersebut tentu tidak sebanding dengan karya penulisnya.

3. Pekerjaan yang membutuhkan empati

Beberapa pekerjaan membutuhkan lebih dari sekedar keterampilan dan pengetahuan tinggi. Namun, ada pekerjaan yang membutuhkan cinta, kepercayaan, dan empati dari pekerjanya. Robot dengan kecerdasan buatan tentunya tidak memiliki emosi.

4. Guru

Saat ini teknologi dalam dunia pendidikan sudah berkembang sedemikian rupa sehingga perkuliahan dapat dilakukan secara jarak jauh, melalui video conference atau membaca materi pendidikan dari berbagai sumber. Namun peran guru tidak bisa digantikan oleh robot. Guru dapat mengajar, membimbing dan mendidik siswa. Untuk itu, guru harus menunjukkan empati dan kesabaran untuk membantu siswa memahami pelajaran.

5. Dokter

Kecerdasan buatan dalam bidang medis  sudah dapat mendeteksi penyakit secara akurat melalui analisis. Namun profesi dokter masih belum bisa tergantikan oleh robot. Dokter bisa mengenali emosi manusia sehingga bisa memberikan pengobatan yang lebih tepat.

6. Personalia

Departemen sumber daya manusia tentunya membutuhkan sumber daya manusia agar dapat berfungsi dengan baik. Kecerdasan buatan dapat membantu menyaring  CV para kandidat yang ingin melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dalam hal ini, manajer SDM harus menunjukkan empati untuk mengidentifikasi kandidat  yang memiliki keterampilan baik namun memiliki karakteristik yang sesuai dengan budaya perusahaan.

7. CEO

Pemimpin harus menentukan strategi perusahaan, menyelaraskannya dengan misi dan tujuan perusahaan, serta memotivasi tim. Selain itu, manajer harus menyampaikan laporan dan bertanggung jawab kepada direksi. Keterampilan kepemimpinan seperti itu sulit, bahkan tidak mungkin untuk diotomatisasi.

Tujuh pekerjaan yang tidak akan digantikan oleh robot. Cobalah tekuni tujuh pekerjaan ini!