Mengenal Marketplace dan e-Commerce Sebagai Bisnis Digital

Pasti Anda sudah sering melakukan pembelanjaan di marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli.com, dan Shopee. Definisi marketplace disini adalah sebuah bisnis digital untuk mempertemukan penjual dan pembeli sehingga bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman.

Selain marketplace, ada juga e-commerce. Secara umum, marketplace mempunyai fitur yang lebih banyak karena modal yang dimiliki bisa difokuskan untuk pengembangan platform terbaik tanpa memikirkan kualitas produk fisik.

bisnis digital

Lalu, apa perbedaan yang signifikan antara e-commerce dan marketplace?

1. Jenis E-Commerce

Bisnis marketplace bentuknya adalah platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Sedangkan e-commerce menyediakan produk sekaligus media khusus untuk menjual produk tersebut.

Contohnya, perusahaan skincare membuat sebuah website agar pembeli bisa memesan produk secara online. Atau restoran yang membuat aplikasi khusus agar pelanggan bisa memesan makanan melalui aplikasi tersebut.

Itulah mengapa, platform yang digunakan oleh e-commerce memiliki fitur yang lebih terbatas dibandingkan marketplace. Selain untuk pengembangan platform, modal yang dimiliki juga digunakan untuk pengembangan produk.

2. Jenis Bisnis Subscription

Bisnis digital jenis ini juga populer di Indonesia. Siapa yang tak tahu Netflix, Office, Amazon Prime, Disney+, dan Zoom? Model bisnisnya mirip seperti zaman dahulu saat kita masih berlangganan koran. Perbedaannya hanya konten tersebut bersifat digital dan bisa dinikmati secara online tanpa ada produk fisiknya kemana-mana. Meskipun begitu, masih ada juga beberapa bisnis dengan model ini yang menawarkan produk fisik, misalnya bisnis langganan catering.

3. Bisnis Jenis Ad-supported

Pernahkah terpikir darimana social media seperti Facebook, Instagram, atau WhatsApp mendapatkan keuntungan? Padahal Anda menggunakannya tiap hari.

Social media tersebut adalah salah satu contoh bisnis digital yang beroperasi dari ads. Mereka mendapatkan keuntungan dari setiap iklan, promosi, atau sponsor yang masuk ke perusahaan mereka. Di Indonesia, bisnis yang beroperasi dengan cara seperti ini misalnya perusahaan pemilik aplikasi berita, aplikasi komik gratis, dan aplikasi tempat berbagi video singkat.

Ternyata ada berbagai macam bisnis digital yang bisa Anda jalankan. Tertarik untuk membangun bisnis di 2023 ini?