Keuntungan Menggunakan Hotel Google Ads

Google Hotel Ads adalah platform periklanan online Google yang dirancang khusus untuk industri perhotelan. Google Iklan Hotel memungkinkan hotel mengiklankan ketersediaannya secara langsung kepada calon tamu di berbagai platform Google, termasuk hasil penelusuran, Google Maps, dan Google Hotel Search.

Bergabung dengan Iklan Hotel Google menawarkan manfaat berikut bagi hotel Anda:

1. Meningkatkan Pendapatan

Alasan utama berinvestasi di Google Hotel Ads adalah untuk meningkatkan jumlah pemesanan. Anda dapat meningkatkan pendapatan dengan harga yang lebih hemat dibandingkan  saluran distribusi lainnya.

2. Meningkatkan Visibilitas Hotel

Anda akan meningkatkan visibilitas Anda di Google Penelusuran dan Maps,  yang sebagian besar lalu lintasnya biasanya berasal dari orang-orang yang aktif merencanakan liburan mereka.

3. Persaingan dengan OTA

Pencarian iklan hotel Google didominasi oleh online travel agency (OTA). Dengan berpartisipasi, Anda dapat menarik perhatian pelanggan  OTA,  meningkatkan  pemesanan langsung, dan mengurangi ketergantungan Anda pada biaya OTA.

4. Membangun Hubungan

Berbeda dengan OTA yang sering kali tidak memberikan informasi kontak tamu pada saat pemesanan, bila Anda memesan langsung melalui Google Hotel Ads, Anda dapat mengumpulkan informasi kontak secara langsung.

Hal ini memungkinkan Anda membangun hubungan dengan tamu Anda sejak awal dengan mengirimkan email konfirmasi dan pesan pra-check-in untuk mendorong mereka  merencanakan masa menginap mereka.

5. Meningkatkan Penjualan

Saat wisatawan memesan melalui situs web Anda, mereka memiliki kontrol lebih besar terhadap pengalaman pemesanan mereka. Anda dapat mempromosikan tipe kamar, paket, dan fasilitas berkualitas yang mungkin tidak tersedia melalui OTA.

 Dengan mengirimkan pesan sebelum kedatangan Anda, kami dapat memberikan Anda penawaran khusus seperti upgrade kamar, perpanjangan masa menginap, reservasi fasilitas tambahan, dan reservasi meja di restoran kami.

 Saat membuat Google Hotel Ads, hotel memiliki opsi untuk memilih di antara dua model pemesanan.

1. Model biaya per klik

Saat pengguna mengklik link GHA hotel, mereka  diarahkan ke situs web mesin pemesanan  hotel. Dalam model ini, hotel membayar  Google untuk setiap klik, terlepas dari apakah klik tersebut menghasilkan pemesanan atau tidak. Pembayaran dilakukan berdasarkan parameter penawaran yang ditentukan oleh hotel. Model ini juga dikenal sebagai model metasearch.

2. Model komisi

Alternatifnya, pengguna dapat  memesan kamar langsung melalui Google. Dalam skenario ini, hotel membayar biaya kepada Google berdasarkan tarif komisi yang disepakati. Hotel hanya membayar komisi ketika  tamu  benar-benar menginap.

 Konsep ini mirip dengan model online travel agency (OTA). Penting untuk diperhatikan bahwa Google Hotel Ads sering dianggap sebagai platform metasearch, karena sebagian besar hotel dan OTA lebih suka menggunakan model bayar per klik.