3 Strategi Bisnis Online Omzet Ratusan Juta

Memulai bisnis identik dengan membutuhkan banyak modal, tetapi ada beberapa strategi bisnis online yang dapat Anda gunakan untuk membuat bisnis Anda besar, meskipun dimulai dari yang kecil.

1. Menentukan target pasar beserta solusi bagi konsumen

Membuat ide bisnis bisa dimulai dengan menentukan target pasar yang ingin dibidik. Di luar fase ini, pelaku usaha kemudian dapat mulai mengembangkan solusi atas masalah yang berkaitan dengan target pasarnya. Dengan demikian, pelaku usaha dapat menyusun strategi bisnis yang tepat serta menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan permasalahan yang ingin dipecahkan.

2. Manfaatkan kekuatan platform digital

Tidak dapat dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 telah mempercepat transformasi digital dan menuntut masyarakat untuk beradaptasi dengan perkembangan era digital. Going digital kini telah menjadi strategi bisnis online yang efektif untuk menjangkau konsumen dan bersaing dengan pelaku industri lainnya. Platform digital memainkan peran penting untuk menghubungkan kami dengan konsumen dari Sabang sampai Merauke, juga internasional. Dengan adanya platform digital, dapat menciptakan pengalaman berbelanja yang mudah bagi pelanggan setia, termasuk pilihan layanan pembayaran digital yang memudahkan konsumen.

3. Ukur resiko dengan hati-hati dan maksimalkan “modal” lainnya

Saat membangun bisnis, seorang trader juga harus membuat prediksi bisnis dengan perhitungan yang cermat agar lebih siap menghadapi risiko. Mendirikan perusahaan dengan modal seadanya juga harus dibarengi dengan dukungan modal lainnya. Misalnya keterampilan dalam membangun dan memelihara hubungan manusia, kreativitas, penggunaan platform digital, komunikasi, negosiasi, dan manajemen. Ketika menjalankan bisnis dengan modal yang relatif kecil, pengusaha harus kreatif memaksimalkan kemampuan modal lainnya. Misalnya, pemilik bisnis bisa mengajak produsen konten untuk ikut memasarkan produknya. Kerja sama ini bisa dibangun dengan memberikan persentase dari keuntungan perusahaan.

Kesuksesan sebuah perusahaan pada dasarnya tidak lepas dari soft skill yang kompeten dari pendirinya. Namun ingat, setiap keterampilan tersebut tentunya selalu bisa dipelajari dan dikuasai, selama kita tidak bosan untuk mempelajarinya lagi. So, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan modal jika ingin berbisnis.