4 Manfaat Landing Page

Manfaat landing page yang utama adalah mengajak pengunjung untuk melakukan tindakan tertentu seperti melakukan pembelian atau mengisi formulir. Landing page bisa berisi iklan untuk sebuah website dengan tujuan tertentu dan biasanya ditampilkan saat Anda mengklik sebuah link, seperti link media sosial, email atau pencarian iklan.

Halaman-halaman ini biasanya berisi informasi tentang harga produk atau layanan, penawaran bagi pengunjung situs web untuk mengisi formulir berlangganan gratis selama beberapa bulan atau mengunduh e-book gratis. Mengisi formulir berupa pengunjung sangat berguna untuk analisis pelanggan.

Halaman ini sangat penting karena selain memberikan informasi dan menampilkan produk atau layanan Anda, Anda ingin pengunjung situs web menjadi pelanggan. Oleh karena itu, membuat halaman ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk mempromosikan bisnis Anda.

Landing page biasanya terdiri dari dua jenis yaitu lead generation dan click pages. Tujuan dari halaman lead generation adalah untuk mengumpulkan pengunjung atau informasi. Halaman ini biasanya diisi dengan informasi penawaran, diskon, e-book atau konten lain yang dapat diunduh pengunjung setelah mengisi formulir dengan informasi pribadi seperti alamat email dan nama pengunjung.

Pada saat yang sama, halaman klik memiliki fitur ajakan bertindak. Halaman ini biasanya berisi informasi produk serta tombol CTA seperti “Beli Sekarang”, “Pesan Sekarang”, “Unduh Di Sini” dan lain-lain tergantung keinginan website.

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari membuat landing page, antara lain:

1. Mengumpulkan Data Pelanggan

Tentu saja, saat Anda memasarkan produk atau layanan, Anda memerlukan data pelanggan baik untuk analisis maupun untuk mengirimkan penawaran pengumuman produk baru.

Membuat halaman pembuatan prospek dapat mempermudah pengumpulan informasi tentang pelanggan atau target pasar Anda. Informasi yang diminta juga dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan, mulai dari nama, alamat email, umur atau jenis kelamin.

2. Layanan Periklanan

Anda juga dapat menggunakan situs ini untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Anda dapat melihat informasi tentang promosi atau diskon yang Anda tawarkan kepada pelanggan.

3. Tingkatkan Lalu Lintas ke Situs Web

Manfaat selanjutnya adalah peningkatan pengunjung atau konversi. Dengan membuat halaman arahan yang menarik, Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan dari pengunjung. Buat audiens tidak hanya mempelajari produk Anda, tetapi juga memotivasi mereka untuk mengambil tindakan misalnya unduh e-book, berlangganan buletin, buat akun, dll.

4. Sederhanakan Cara Berbelanja

Terakhir, karena halaman ini hanya memiliki satu atau dua tombol tautan, ini dapat mempermudah pelanggan untuk melakukan checkout, terutama pelanggan yang mengunjungi halaman ini untuk melakukan pembelian. 

Selamat mencoba!