Perbedaan Mesin Kasir dan Aplikasi POS 

Sekilas nampak sama, namun sebenarnya berbeda. Aplikasi POS yang sering dipilih pebisnis jaman sekarang, memiliki berbagai macam fitur yang bermanfaat.

1. Menurut Tujuannya Diciptakan

Penemuan pertama mesin kasir di tahun 1879 bertujuan untuk pencatatan pajak dalam penjualan. Mesin ini benar-benar bekerja secara manual, karyawan harus memasukkan data satu per satu jika ada transaksi. Mesin ini memiliki tombol “total” yang jika ditekan, laci akan terbuka dan bel akan berdering. Bel inilah yang memberi tahu manager tentang transaksi yang sedang terjadi. Mesin ini pun belum mencetak tanda terima untuk konsumen. Baru pada tahun 1970, mesin kasir bisa mencetak tanda terima, pemindai barcode, laci uang tunai dan tombol no sale. Tujuan utama alat ini adalah merekam penjualan dan mengumpulkan uang tunai. Mesin kasir adalah alat elektronik yang tidak terkomputerisasi

POS banyak digunakan untuk perusahaan manufaktur dan perusahaan dagang untuk mengetahui stok dengan cepat dan akurat. Tidak mungkin menggunakan hitungan manual untuk stok yang sangat banyak.

Selain itu, perusahaan besar juga membutuhkan untuk mencetak faktur dalam berbagai ukuran kertas. Dengan menggunakan aplikasi POS, kebutuhan laporan utang dan piutang selama kurun waktu tertentu dapat tersedia dengan cepat. Jadi, perbedaannya dengan mesin kasir, POS adalah sistem komputerisasi dengan fungsinya yang lebih bervariasi.

2. Menurut Keunggulannya

Aplikasi POS memiliki beberapa kelebihan seperti fitur manajemen persediaan, pengelolaan kinerja karyawan, fitur pembuatan berbagai macam laporan, manajemen toko (karyawan, inventaris, konsumen), program loyalitas atau kartu hadiah, sistem akuntasi yang efisien. Dari hal-hal inilah bisa diambil kesimpulan untuk strategi bisnis periode berikutnya.

Sedangkan mesin kasir harganya lebih terjangkau namun fitur dan kemampuannya terbatas pada pencatatan penjualan, juga tidak bisa mengetahui jumlah stok barang. Program tidak fleksibel sehingga tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan.   Beberapa UMKM memang masih membutuhkan mesin kasir untuk membantu pencatatan penjualan. Namun, tidak ada salahnya beralih ke aplikasi POS karena fitur-fiturnya yang lengkap dan berguna untuk membantu kamu sebagai pebisnis.

Tertarik mencoba?