Media Sosial Untuk Bisnis? Sangat Mungkin!

1. Buat strategi pemasaran khusus untuk setiap platform media sosial

Setiap platform memiliki tujuan penggunaannya dan mencapai hasil terbaik dalam meningkatkan keterlibatan. Strategi pemasaran tertentu akan membantu Anda menemukan platform terbaik untuk memaksimalkan strategi pemasaran Anda. Pastikan Anda dapat menjawab pertanyaan seperti berikut:

• Mengapa Anda menggunakan platform tersebut?

• Siapa (audiens sasaran) yang dapat menjangkau platform?

• Pesan apa yang paling berhasil di platform?

• Seberapa unik pesan ke platform?

Jika Anda kesulitan menjawab salah satu pertanyaan di atas, mungkin inilah saatnya untuk melihat lebih dekat mengapa Anda mencurahkan waktu dan upaya ke dalam platform Anda. Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini juga akan membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran khusus untuk platform tersebut.

2. Luangkan waktu untuk meneliti audiens target Anda

Dengan meneliti target audiens, Anda bisa mengetahui banyak hal yang dapat mempengaruhi strategi pemasaran perusahaan Anda. Dalam survei terbaru terhadap 250 pemimpin bisnis, 72% menggunakan media sosial sebagai sumber informasi dan wawasan untuk keputusan bisnis perusahaan mereka. Anda harus ingat bahwa platform yang berbeda akan berpengaruh terhadap karakteristik calon customer yang berbeda juga.

Dalam pemasaran saat ini, jika Anda ingin mendapat untung, menghubungkan dan terlibat dengan audiens Anda sangat penting. Oleh karena itu, Anda harus bisa memahami audiens dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan mereka.

3. Perhatikan tren strategi pemasaran populer di setiap platform media sosial

Jika Anda melihat model atau strategi pemasaran yang semakin populer dan secara alami selaras dengan pesan perusahaan Anda, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mendorong engagement. Namun, pastikan untuk mengikuti setiap tren baru yang Anda lihat di internet. Membuat pesan yang tidak sesuai dengan pesan perusahaan Anda bisa menjadi kesalahan yang akan membuat audiens target Anda menjauh dari perusahaan Anda. Gunakan tren populer untuk menginspirasi bisnis Anda sambil mengambil sentuhan unik dan tetap terkini.

Untuk memaksimalkan strategi pemasaran media sosial Anda, penting untuk tetap mengetahui tren dan algoritmea populer. Tren yang populer tahun lalu mungkin tidak populer saat ini.

4. Berinvestasi dalam konten video

Dalam tiga tahun terakhir, penayangan telah meningkat lebih dari 99% di YouTube dan 258% di Facebook. Hampir semua platform media sosial saat ini memiliki kemampuan ini karena konten video memiliki engagement yang tinggi dibandingkan dengan konten lainnya. Artinya, menggunakan konten video akan memberikan visibilitas dan jangkauan yang lebih besar bagi bisnis Anda daripada sekadar membuat konten dalam bentuk teks atau foto/gambar. Ada banyak cara berbeda untuk menggunakan konten video dalam strategi pemasaran media sosial untuk bisnis Anda, tetapi video langsung adalah salah satu yang paling populer saat ini.