4 Manfaat Menggunakan Media Sosial Untuk Bisnis Online

Beberapa tahun lalu mungkin kita mengenal social media sebagai tempat bersosialisasi antar teman, share foto-foto bermakna dan saling bertukar pesan. Namun, saat ini fungsi social media sudah bergeser menjadi platform untuk memasarkan produk. Bisnis online dilakukan di Facebook, Instagram, dan Twitter. Berikut adalah 4 alasan mengapa social media sangat baik menjadi platform untuk menjalankan bisnis online.

1. Biaya Relatif Murah

Buat Anda yang hendak berbisnis online, cobalah menggunakan social media menjadi plaform tempat memasarkan produk. Menggunakan platform ini terbilang mudah, dibandingkan membuat website resmi. Anda tinggal mengubah akun social media menjadi akun bisnis dan upload produk secara berkala.

2. Mendengar Penjelasan Produk Melalui Live

Mempromosikan produk di social media dianggap sebagai sarana mudah untuk berinteraksi dengan customer secara langsung. Misalnya dengan mengadakan sesi live untuk menjelaskan tentang produk baru. Lewat sesi live, Anda bisa menjelaskan produk dengan detail dan customer yang tertarik akan bertanya juga tentang produk tersebut. Inilah yang membuat, bisnis online melalui social media menjadi menarik.

3. Biaya Rendah Sesuai dengan Platform

Berbeda dengan beberapa tahun lalu untuk beriklan di media cetak, radio atau televisi, pemilik brand harus mengeluarkan biaya dalam jumlah besar. Di era digital dengan social media, pengeluaran biaya bisa diatur sehingga biaya iklan relatif murah. Karena itu, penggunaan social media untuk bisnis banyak disukai. Tips berikutnya, manfaatkan seluruh social media berdasarkan segmentasi market yang diingini.

4. Meningkatkan Posisi di Mesin Pencari

Dengan eksistensi di social media, bisnis Anda akan lebih mudah ditemui orang melalui mesin pencari. Tentunya ini juga bergantung dengan berapa banyak followers dari media sosial tersebut.

Jangan lupa juga untuk menyediakan satu orang admin yang standby untuk menjawab semua pertanyaan dari customer. Pasti pelanggan akan jatuh hati pada brand Anda jika pertanyaannya dilayani dengan cepat. Jadi, jika Anda sudah mempunyai ide bisnis, segera lakukan empat langkah ini untuk membuat brand semakin dikenali khalayak ramai.