5 Cara Menemukan Ide Bisnis

Ingin membuka bisnis sendiri namun belum tahu ide apa yang akan diaplikasikan? Artikel Luna POS berikut ini akan membantu Anda “mengulik” bagaimana cara menemukan ide untuk usaha. Tidak sabar? Mari kita simak ulasannya!

1. Bermula dari hobi

Mungkin ini ide bisnis yang paling banyak terlintas di dalam benak orang yang hendak membuka usaha. Namun benar adanya, jika Anda berbisnis sesuatu yang menjadi minat/hobi Anda, tidak akan terasa berat menjalaninya. Misalnya Anda hobi membuat kue tart, nah cobalah memasarkan hasil kreasi Anda. Jika hobi Anda mengoleksi sepatu boots, Anda bisa mencoba menjadi reseller atau dropshipper sepatu boots. Tidak sulit karena bisa dikerjakan dari rumah saja.

2. Solusi dari Masalah Pelanggan

Jikalau Anda sudah mengenal sekelompok calon pelanggan, Anda bisa menyesuaikan ide bisnis dengan kebutuhan calon pelanggan. Misalnya jika calon pelanggan mempunyai concern yang tinggi soal kesehatan (misalnya gula darah), Anda bisa membuat jus sehat tanpa gula atau dengan pemanis yang alami seperti madu.

3. Melihat Tren

Anda masih ingat beberapa waktu lalu fidget spinner menjadi sangat tren di kalangan sekitar kita? Seperti itulah jika Anda jeli melihat tren yang sedang berlangsung. Sisi sebaliknya, ketika tren itu sama, maka akan banyak competitor yang juga berjualan hal yang sama. Karena itu, mungkin Anda bisa menggabungkan antara tren dan ide bisnis sebelumnya.

4. Riset

Riset disini bisa dilakukan dengan cara mencari tahu seluk-beluk bisnis yang akan Anda jalankan. Apa kesulitannya dan siapa competitor yang ada di pasaran. Riset yang biasa dilakukan bisa dalam bentuk mengikuti webminar, menonton Youtube atau TEDTalks.

5. Pengalaman Sebelumnya

Jika Anda pernah bekerja, Anda pasti mengetahui apa kekurangan dari bisnis tempat Anda bekerja. Darisitu, Anda bisa menciptakan jenis usaha serupa dengan bekal pengalaman dari kantor sebelumnya.

Demikianlah lima cara untuk mencari tahu ide bisnis apa yang hendak Anda buka. Untuk aplikasi pengaturan keuangan, bahan baku, dan stok barang, jangan ragu untuk memercayakannya pada Luna POS. Segera hubungi kami untuk penawaran terbaik!