5 Keunggulan Software Toko yang Belum Anda Tahu

Software toko memang sudah terbukti membantu pengusaha untuk mencatat penjualan dan mengatur back office, mempermudah pengawasan atas transaksi yang ada setiap harinya, ada beberapa kelebihan yang mungkin belum kamu ketahui. Apa sajakah fitur-fitur tersebut?  

1. Menyimpan Data Dalam Jumlah Yang Tidak Terbatas

Software toko dapat digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang tidak terbatas. Data apapun itu, misalnya jumlah barang yang mencapai ribuan item. Dengan software toko ini, data dapat diakses dan dibuka kapan saja asalkan belum dihapus. Demikian juga jika ingin mencari item barang, hanya perlu waktu bbrp detik saja.

2. Pelacakan Produk Lebih Cepat

Kamu bisa melacak item tertentu dan memfilter apa saja yang hendak dicari. Misalnya penjualan tertentu pada hari A.  Dengan menggunakan software toko, maka data dari semua produk yang kamu jual diolah dan disimpan dalam software ini. Hal ini membuat Anda tidak perlu melakukan pelacakan data secara manual, karena semua sudah tersedia.

3. Menentukan Order Pembelian Lebih Mudah

Dalam proses pembelian biasanya diperlukan formulir pembelian atau form PO sebagai bukti asli dalam dokumen pembelian. Software toko menyediakan fungsi program untuk mengatur format PO dalam memudahkan laporan pembelian.

4. Menampilkan Kondisi Persediaan Secara Akurat

Pengusaha retail biasanya melakukan stock opname dalam kurun waktu tertentu. Hal inilah yang biasanya memakan waktu lama dan sulit karena banyaknya jumlah barang. Stock opname juga berguna untuk melakukan fungsi SPI (Sistem Pengendalian Intern). SPI bermanfaat untuk mendapatkan HPP dan mengetahui kebenaran dalam laporan keuangan. Jadi, kamu bisa mengetahui persediaan secara akurat, apakah datanya cocok, ada kecurangan, atau tidak.

5. Mengurangi Kelalaian Yang Sering Terjadi 

Sepertinya tidak mungkin jika hanya mengandalkan karyawan untuk mengingat dan mengontrol semua stok, apalagi jika jumlahnya mencapai ribuan. Pasti rentan terjadi kelalaian. Karena itu, software toko mempunyai fitur program akuntasi yang bisa mengelola stok barang dan menyimpan semua informasi barang. Dengan demikian, karyawan bisa mencari semua data barang melalui aplikasi ini.