Kebijakan Privasi

PT. LUNA APLIKASI INDONESIA (“lunapos” atau kami) adalah pemilik konten dan operator situs web http://www.lunapos.id, situs terkait and microsites yang diakses melalui situs web
tersebut dan aplikasi lunapos serta segala layanan yang disediakan di dalamn (secarabersama-sama “Layanan”).

Lunapos menyadari bahwa informasi Pengguna bersifat rahasia dan pribadi, oleh karena itu kami berkomitmen untuk melindungi dan merahasiakan data Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

A. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna

Perolehan dan pengumpulan Data Pribadi yang dilakukan oleh Lunapos dibatasi pada informasi yang relevan dan sesuai dengan tujuannya, yang meliputi:

  • Nama Lengkap Pemilik Outlet;
  • KTP Pemilik Outlet;
  • NPWP Pribadi atau PT;
  • Nomor Telepon Pemilik Outlet;
  • Email yang akan didaftarkan sebagai Pelanggan Lunapos;
  • Buku Rekening yang digunakan untuk transaksi Outlet;
  • Alamat Lengkap Outlet.

Selain dari Data pribadi yang dimaksud pada Bagian Perolehan serta pengumpulan Data pribadi pada poin 1, Lunapos bisa meminta Data pribadi Lainnya pada kemudian hari yang sinkron dengan kebutuhannya.

Dengan memberikan Data pribadi sebagaimana Bagian Perolehan dan Pengumpulan Data pribadi di poin 1 di waktu melakukan pendaftaran di situs, Pengguna berarti menyetujui pemberian data untuk dipergunakan oleh Lunapos untuk menyelenggarakan Layanan Lunapos.

Data pribadi yang diberikan artinya data Pengguna yang benar. jika Pengguna menyampaikan pernyataan serta jaminan, informasi atau Data pribadi yg tidak benar, tidak jelas, tidak akurat, atau tidak lengkap, maka Lunapos berhakmenolak permohonan pembuatan Akun Lunapos serta menangguhkan atau memberhentikan sebagian atau semua Layanan Lunapos yang diberikan kepada Pengguna. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas data yang diberikan dan melepaskan Lunapos dari semua konsekuensi yg ada.

B. Pengolahan dan Penganalisaan Data Pribadi Pelanggan

  1. Pengolahan dan penganalisaan Data pribadi hanya dilakukan menggunakan sesuai persetujuanpemilik data.
  2. Pengolahan dan penganalisaan Data pribadi dilakukan buat mengoptimalkan layanan Lunapos dan /atau pengembangan produk di masa yang akan tiba yang meliputi namun tidak terbatas pada bagian payment akan diproses ke PTEN
    (Penyelesaian Transaksi Elektronika Nasional) Bank Indonesia buat mendapatkan National Merchant ID (NMID) yang membutuhkan Data pribadi dan Data Merchant.

C. Penyimpanan Data Pribadi Pelanggan

  1. Data pribadi yang disimpan oleh Lunapos telah melalui proses pembuktian serta terenkripsi selama Layanan beroperasi.
  2. Berdasarkan peraturan Bank Indonesia semua Data eksklusif serta Data Toko harus diserahkan dan disimpan ke PTEN (Penyelesaian Transaksi Elektro Nasional) Bank Indonesia.
  3. Jika Layanan Lunapos sudah tidak beroperasi, Lunapos berhak menyimpan serta menggunakan Data langsung Pengguna pada kurun saat minimal 5 (lima) tahun.
  4. Lunapos memakai database dengan infrastruktur & server Pihak Ketiga (thirdparty), cloud, atau semacamnyauntuk menampung perolehan serta pengumpulan Data pribadi, serta memakai perangkat lunak yg diperoleh dengan cara yg sah.

D. Keamanan dan Privasi Data Pelanggan

  1. Keamanan
    Lunapos menjaga tindakan teknis serta organisasi, kontrol internal, dan rutinitas keamanan data yang dimaksudkan untuk melindungi Data Pengguna dari kehilangan atau perubahan yang tidak disengaja, pengungkapan atau akses yang tidak
    sah, atau perusakan yang melanggar hukum. Pengguna bertanggung jawab terhadap keamanan Data pribadi yang digunakan buat mengoperasikan Layanan termasuk pada dalamnya password, kode OTP, atau kode keamanan (security code) lainnya buat mencegah penyalahgunaan pihak lain.
  2. Privasi
    Data pribadi Pengguna akan dipergunakan hanya untuk keperluan penyelenggaraan Layanan Lunapos dan tidak akan diserahkan, ditampilkan, diungkapkan kepada pihak ketiga tanpa persetujuan Pengguna, kecuali ada permintaan data berasal Aparat Penegak hukum atau Pejabat yang berwenang lainnya maupun karena diwajibkan oleh peraturan perundang-undangan.

E. Penggunaan Data Pelanggan

  1. Lunapos hanya akan memakai data Pengguna untuk dapat menghubungi Pengguna sewaktu-waktu Jika dibutuhkan serta untuk kepentingan peningkatan Layanan.
  2. Lunapos tidak akan memakai data Pengguna atau memperoleh informasi darinya untuk keperluan iklan atau tujuan komersial lainnya tanpa persetujuan Pengguna.

F. Perbaikan dan Pembaruan Data Pribadi Pelanggan

Pengguna menyatakan bersedia dan menjamin untuk senantiasa memperbarui Data pribadi melalui situs www.lunapos.app jika terdapat perubahan data yang terkait dengan Pengguna.

G. Penampilan, Pengumuman, Transfer, Penyebarluasan, atau Pengungkapan Data Pribadi Pelanggan

Lunapos dengan ini mengklaim bahwa hanya akan menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, menyebarluaskan, dan /atau membuka akses Data pribadi pada sistem sesuai keadaan seperti berikut:

  1. Atas persetujuan Pengguna kecuali ditentukan lain oleh ketentuan perundang-undangan;
  2. Sudah dilakukan verifikasi keakuratan serta kesesuaian dengan tujuan perolehan dan pengumpulan Data pribadi tersebut; dan
  3. Untuk keperluan proses penegakan hukum, di mana penyelenggara sistem elektronik wajib menyampaikan Data pribadi yang ada dalam sistem elektronik atau Data pribadi yg didapatkan oleh sistem elektronik atas permintaan yang sah berasal aparat penegak hukum sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

H. Penghapusan atau Pemusnahan Data Pribadi

Pemusnahan Data pribadi dalam Lunapos hanya dapat dilakukan Jika:

  1. Sudah melewati ketentuan jangka waktu penyimpanan Data pribadi dalam sistem elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan atau sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya yg secara khusus mengatur pada masing-masing instansi pengawas atau sektor tertentu atau,
  2. Dengan mengesampingkan Bagian Penyimpanan Data pribadi di poin C.3 Kebijakan Privasi, Pengguna dapat mengajukan Permohonan Penghapusan Data pribadi apabila Pengguna tidak lagi memakai Layanan Lunapos

I. Lainnya

Kami berhak mengubah Kebijakan Privasi ini sewaktu-waktu, yang akan berlaku secara efektif setelah terunggah ke situs dengan tanpa mengabaikan hak para Pengguna untuk dijaga kerahasiaan datanya, sebagaimana yang telah ditentukan dalam Kebijakan ini.
Pembaruan Kebijakan dapat memengaruhi akses Pengguna ke aplikasi atau situs web Lunapos.id, ataukeamanan data Pengguna. Kami akan melakukan pemberitahuan kepada Pengguna mengenai perubahan yang telah Kami lakukan (jika diperlukan), dengan cara dan rentang waktu yang wajar. Apabila Pengguna tetap melanjutkan penggunaan Produk, maka hal tersebut akan dianggap sebagai persetujuan terhadap segala perubahan Kebijakan.

Terima kasih telah membaca Kebijakan Kami. Apabila Pengguna memiliki pertanyaan terkait dengan Kebijakan ini, Pengguna dapat menghubungi Kami melalui:
Thank you for reading our Policy. If the User has questions related to this Policy, the User can contact us via:


Email: [email protected]
Customer Service : 0822 – 8888 – 2300


atau melalui surat ke alamat:
or by mail to the address:


Jl. Jeruk Purut No. 67K,
Cilandak Timur, Pasar Minggu,
Jakarta Selatan, DKI Jakarta
Indonesia 12560