Apa itu PBN dan Manfaatnya?

Private blog network (PBN) adalah jaringan situs web yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan atau organisasi.

Website-website di jaringan ini seringkali dirancang untuk saling mendukung dengan tujuan meningkatkan otoritas dan peringkat SEO website utama atau target. Secara umum, PBN memberikan kontribusi yang besar terhadap pesatnya perkembangan para pelaku usaha, meskipun memerlukan investasi yang besar.

Namun PBN justru dianggap curang dan melanggar aturan yang ditetapkan Google. Jika Google mendeteksi penggunaan PBN, situs web Anda mungkin kehilangan peringkat dan dikenakan sanksi.

Manfaat private blog network adalah memberikan manfaat yang signifikan bagi pemilik bisnis dengan meningkatkan visibilitas dan peringkat situs web mereka secara online.

 Manfaat tambahan meliputi:

1. Meningkatkan Peringkat SEO

Dengan meneruskan backlink dari website lain di PBN ke situs target, Anda dapat meningkatkan otoritas dan peringkat SEO situs target dan meningkatkan hasil pencarian.

2. Kontrol Penuh

Dengan PBN Anda sendiri, Anda memiliki kendali penuh atas tautan yang Anda buat dan konten yang diterbitkan, sehingga dapat menyesuaikan strategi SEO sesuai kebutuhan

3. Fleksibilitas

Dapat menyesuaikan  konten dan tautan dalam PBN Anda seiring dengan perubahan algoritma mesin pencari dan strategi SEO.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan private blog network, penting untuk memahami risiko yang terkait dengan strategi ini untuk meningkatkan peringkat SEO situs web. Berikut risiko yang perlu Anda ketahui:

1. Melanggar Pedoman Mesin Pencari

Perlu Anda ketahui bahwa penggunaan PBN dapat melanggar Google. Jika situs web Anda tertangkap, Anda mungkin menghadapi sanksi seperti penurunan peringkat atau pemblokiran dari hasil pencarian.

2. Tautan yang Tidak Disetujui 

Google sebelumnya mengonfirmasi bahwa Google mengabaikan tautan yang tidak relevan. Dan ingat, Google saat ini memiliki data tentang sejumlah besar file penolakan. Selama bertahun-tahun, SEO telah membantu mesin pencari  lebih memahami sumber tautan yang tidak relevan. Oleh karena itu, perlu Anda ketahui bahwa kemungkinan besar link Anda akan ditolak.

3. Biaya dan Waktu

Membangun dan memelihara PBN memerlukan  biaya dan waktu yang lama. Jika dilakukan secara tidak  benar, maka akan menjadi sia-sia dan merugikan. Bukankah itu berbahaya?