Sejarah Mesin hingga Aplikasi Kasir dari Waktu ke Waktu

Kini mesin kasir sudah mulai sering ditemui. Sebagai generasi di era modern, mungkin kita hanya menemui kasir yang berbentuk mesin di gerai-gerai besar seperti swalayan. Seiring waktu, kini kasir sudah berubah menjadi aplikasi. Simak lebih lanjut yuk soal perkembangan mesin kasir dari waktu ke waktu!

 

Awal Mula Mesin Kasir

Setiap kali berbelanja ke toko modern, swalayan ataupun kedai atau cafe tidak jarang kita menemukan alat penghitung transaksi atau cash register. Mungkin sebagian besar orang tidak terlalu peduli dengan benda ini. Pasalnya, benda ini hanya berfungsi di tempat yang membutuhkan pencatatan keuangan serta laporan penjualan. Intinya, selama tidak berjualan maka mesin kasir tidak diperlukan.

Lain halnya bagi pengusaha, mesin kasir sangat berperan penting dalam keberlangsungan toko atau usaha. Mesin ini selain membantu proses perhitungan juga dapat digunakan sebagai tempat meletakan sejumlah uang. Oleh karena itu, mesin pos jaman dulu pasti berukuran lebih besar.

Awal mulanya sistem kasir ditemukan ialah pada tahun 1878. James Jacob Ritty membuat mesin kasir untuk menghentikan karyawan yang kerap kali berusaha mencuri keuntungan. Pada awal ditemukan, mesin ini bekerja mencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan. 

 

Mesin Kasir Seiring Waktu

Seiring waktu, akhirnya mesin kasir mulai diproduksi massal oleh beberapa perusahaan ternama. Misalnya, mesin kasir merk Casio atau Sharp. Di abad 21, perubahan tersebut mengantarkan mesin kasir memiliki beberapa fitur yang dapat membantu kinerja pengusaha.  Ada yang memiliki timbangan, pembaca kartu kredit atau mesin EDC (Electronic Data Capture), bahkan belakangan terdapat mesin kasir yang berbasis digital.

Mesin kasir berbasis digital kini diambil alih oleh para ahli di bidang IT. Mesin kasir tidak lagi berbentuk kotak besar yang berat, melainkan sudah cukup menggunakan bantuan tablet. Hal ini menyebabkan mesin kasir berubah sebutannya menjadi aplikasi kasir.

 

Aplikasi Kasir? Apa Bedanya?

Aplikasi kasir umumnya memiliki fungsi yang sama dengan mesin kasir. Keduanya berfungsi untuk mempermudah proses perhitungan dan mencatat penjualan. Tetapi, terdapat beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh mesin kasir seperti mengelola stok, pesanan, meja atau bahkan pelanggan.

Beberapa fitur yang disebut tadi bisa banget, lho, kamu dapatkan cuma cuma di Luna POS! Di Luna, kamu tidak cuma bisa menghitung transaksi harian toko atau usahamu. Kamu bisa juga melakukan rekap, mengelola stok di gudang, pesanan per meja bahkan pelanggan. 

Yuk, jangan sampai ketinggalan pakai fitur-fitur ini untuk usaha atau tokomu, #UntungAdaLuna!

LEAVE A COMMENT