Cashback atau Diskon, Mana Yang Lebih Efektif?

Cashback atau diskon adalah metode yang dapat digunakan untuk menarik perhatian pembeli. Namun, di antara keduanya, mana sih yang lebih efektif?

Cashback adalah penawaran yang memberikan pembeli pengembalian uang setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang diselenggarakan pihak penjual. Pengembalian tersebut dapat berupa kupon belanja untuk pembelian selanjutnya atau bahkan barang yang senilai. Bentuk pengembalian yang deposit ini mulai banyak diterapkan oleh beberapa penjual lho.

Di lain hal, diskon atau potongan harga adalah penawaran yang memberikan pembeli potongan harga dengan atau tanpa memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Diskon kadang diselenggarakan dengan syarat, namun tidak jarang juga ditemui diskon yang dibuat secara cuma cuma.

Cashback atau diskon memang sama sama menguntungkan bagi kedua belah pihak. Baik pihak pembeli atau penjual. Namun keduanya ternyata memiliki perbedaan meski masih saling memberikan keuntungan, lho.

Pengaplikasian yang Berbeda

Dalam cashback, pembeli tetap harus membayar penuh jumlah yang dibeli. Nantinya, ia akan menerima cashback dalam berbagai macam cara. Misalnya, pembeli membeli handphone senilai 4 juta dengan cashback senilai 10 persen dari pembelian. Berarti ada 400 ribu yang akan diterima pembeli namun dalam bentuk berbagai aksesoris handphone seperti case, earphone, dan temper glass.

Pada diskon, pembeli membeli handphone senilai 4 juta lalu mendapatkan potongan 10 persen dari pembelian. Nah, pembeli hanya perlu membayarkan 3.6 juta kepada penjual. Harga tersebut diperoleh setelah memotong harga asli dengan diskon.

Waktu yang Diselenggarakan

Cashback atau diskon biasanya diselenggarakan dalam kurun waktu tertentu. Tetapi, jika menggunakan cashback, jangka waktunya akan lebih lama. Jika cashback yang diberikan berupa kupon untuk transaksi selanjutnya, maka promo tersebut masih berlaku sampai pembeli menukarkan kupon tersebut.

Lain halnya dengan diskon yang akan langsung diberikan pada saat pembelian. Diskon juga memiliki masa berlaku yang relatif lebih pendek, entah hitungan minggu, hari, atau bahkan jam. Eits, tapi perlu diingat kalau keduanya tidak dapat diterima jika sudah melewati batas waktu yang ditentukan ya!

Lebih untung mana, cashback atau diskon?

Baik cashback atau diskon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meskipun sama-sama berhemat, tapi ada orang yang lebih suka dengan cashback dibandingkan diskon atau bahkan sebaliknya. Sebagai pihak penjual, hal tersebut dapat ditinjau dari apa yang ingin kamu kejar untuk perkembangan tokomu.

Dengan menerapkan cashback, kamu bisa menggaet pembeli menjadi pelanggan. Hal tersebut dapat terjadi karena mereka harus datang kembali atau setidaknya bertransaksi untuk mengklaim cashback yang diterima pada pembelian pertama. Apabila pelanggan tersebut puas setelah transaksi kedua, sangat mungkin mereka akan datang kembali dan menjadi pelanggan tetap.

Jika diskon yang diterapkan di tokomu, maka kamu akan mendapatkan banyak pembeli serta exposure. Tokomu jadi dapat lebih banyak perhatian. Namun sedikit kemungkinan yang ada dari pembeli yang akan tertarik untuk datang kembali karena mereka hanya mengincar produk atau layanan yang dijual saat ada potongan harga saja.

LEAVE A COMMENT