Tips Bisnis Sukses Tanpa Banyak Budget

Seiring waktu, banyak orang yang menjadikan bisnis sebagai opsi tambahan untuk menambah pundi-pundi uang. Tapi tak banyak yang tahu tips bisnis bisa sukses tanpa banyak spare budget. Tips seperti apa ya? Simak yuk!

 

Bisnis sebagai opsi tambahan atau bahkan pilihan utama sudah mulai biasa terjadi di masyarakat. Banyak yang mulai membuka toko atau jasa pelayanan demi mendapatkan uang tambahan atau bahkan malah pemasukan utama.

Namun, tak jarang pelaku bisnis mengalami kegelisahan karena takut bisnisnya gagal di tengah jalan. Mindset seperti ini perlu dihindari, karena memang pada dasarnya konsep bisnis adalah high risk high return.

 

High risk, high return: sudah pernah dengar?

Prinsip ini biasanya ditemui jika seseorang ingin melakukan investasi. Tetapi, prinsip ini juga dapat berlaku di dalam bisnis. High risk high return terdengarnya sangat memberatkan atau memberikan efek yang sulit.

Jika dilihat dari namanya, high risk high return memang memakan banyak effort yang harus dikeluarkan dan dilalui. Namun, konsep yang ada di dalam prinsip ini sangat berguna meskipun dengan budget yang minim.

 

Sadar risiko dengan konsekuensi tanggungan

Mengadakan bisnis tentu menambah konsekuensi tanggungan tambahan. Hal-hal yang biasanya tidak menjadi urusan, tiba-tiba harus masuk ke dalam to do list. Jika bisnis baru saja dirintis, usahakan untuk menggunakan budget secara ketat.

Ketat di sini bukan berarti tidak bebas dalam menggunakan budget yang ada, lho. Ini berarti penggunaan modal usaha harus digunakan sesuai prioritasnya. Misal, membeli bahan baku atau perlengkapan untuk melakukan produksi.

Namun, harus ada risiko yang dipahami sejak awal bahwa bahan baku dapat mengalami “reject” dan perlengkapan bisa saja rusak. Untuk itu, perlu juga diadakan pembagian budget untuk biaya-biaya tidak terduga dalam bisnis.

 

Jangan terbutakan dengan hasil saja

Mendengar kata bisnis memang sangat menggiurkan jika hanya mendengar soal hasilnya. Tak jarang pebisnis-pebisnis besar memang hanya menyebut keuntungan yang didapatnya saja ketika sudah sukses, padahal hal tersebut tidak sebaiknya disebut dalam tips bisnis.

Dengan menjalankan bisnis, pelakunya perlu mempertimbangan risiko dari segala aspek. Risiko akan datang kapan saja, namun hasil pasti mengikuti dari seberapa pebisnis bisa mengatur risiko dengan baik dan menghasilkan output yang baik.

Jika penghasilan yang dicapai belum sampai ke target, itu tidak berarti gagal. Pelaku usaha dengan modal yang tidak banyak harus bersiap untuk menunggu dan menyiapkan mental dalam bisnis yang dijalani.

 

Untuk itu, perlu dilakukan penggunaan teknologi gratis dalam menjalankan bisnis. Semua tips bisnis yang diberikan hanya akan terasa efeknya jika dijalankan. Namun, dengan menggunakan aplikasi point of sales, kamu bisa melakukan pencatatan transaksi, stok, menu bahkan pelanggan hanya dalam satu aplikasi.

 

Luna bisa jadi alternatif aplikasi POS yang kam gunakan, karena selain murah, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan bisnismu sendiri! Wah, hebat banget, #UntungAdaLuna ya!

LEAVE A COMMENT