Jenis Diskon yang Bisa Menyenangkan Hati Konsumen

Siapa sih yang tidak tertarik dengan diskon? Sudah berapa banyak barang yang masuk ke dalam cart atau kantong belanjamu karena tulisan berwarna menarik dengan angka yang terpampang di toko? Jenis diskon apa yang biasanya kamu incar?

 

Diskon memang tidak bisa diragukan lagi sebagai senjata ampuh pemasaran. Dia merupakan salah satu unsur yang dapat membawa keuntungan bagi bisnis. Masa sih?

Iya, dengan memberlakukan diskon, pengusaha dapat meningkatkan omset penjualan bahkan sampai ke reputasi toko. Pembeli akan mempertimbangkan pilihannya dalam mengeluarkan budget dan tetap mendapatkan kualitas yang sama. Untuk itu, diskon bisa menjadi alternatif mereka dalam bijak mengelola keuangan.

Diskon atau potongan harga berarti mengurangi harga produk atau layanan dari harga awal. Itu artinya, Produk atau layanan yang dijual memang berkurang harganya, namun keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi. Kok bisa ya?

 

Keuntungan Diskon, Dapat Dari Mana?

Dengan menerapkan diskon, secara logika keuntungan yang didapat jadi berkurang. Namun, banyak yang bilang kalau diterapkan, omset akan naik. Hal tersebut bisa terjadi karena yang dipotong dari diskon adalah keuntungan yang lebih banyak.

Dalam satu produk atau layanan, harga yang dicantumkan tentunya sudah kalkulasi dari bahan pokok, biaya jasa pengerjaan dan keuntungan. Nah, dari sini, pemotongan harga biasanya dilakukan dengan membatasi keuntungan yang didapat.

Kenapa keuntungan yang didapat harus dipotong? Jika memotong bahan pokok atau biaya jasa pengiriman, dikhawatirkan kualitasnya akan berkurang. Oleh karena itu, dalam menerapkan diskon, keuntungan dari setiap produk atau layanan yang lebih aman untuk dipotong.

 

Jenis Diskon Penarik Hati Konsumen

Sebetulnya ada beberapa diskon yang umum diketahui, tapi tahukah kamu alasan-alasan dibalik bebagai potongan harga ini ramai diserbu?

 

Potongan pada Pembelian Pertama

Umumnya, jenis ini sering ditemui di berbagai toko online. Menerapkan potongan pada pembelian pertama dapat meningkatkan brand awareness. Tentunya pembeli akan lebih tertarik untuk datang dan memiliki kemungkinan melakukan repeat order

Supaya konsumen tetap setia pada toko, jangan lupa kombinasikan dengan kualitas serta pelayanan yang terbaik bagi pelanggan. Jika berhasil dilakukan, konsumen akan percaya dan loyal terhadap toko.

 

Buy One Get One

Menurut Journal of Marketing, pelanggan ternyata tidak hanya menyukai potongan harga. Namun jika barang gratis. Pernahkah kamu membeli barang lalu diberi bonus tambahan barang? Jika iya, diskon tersebut adalah buy one get one

Pembeli memang senang jika melihat notifikasi potongan harga, namun tidak semua suka menghitung total pembayaran yang harus dilunasi. Dengan menerapkan buy one get one, pembeli akan menganggap bahwa ia mendapatkan keuntungan yang lebih; membeli dua barang namun hanya membayar satu. 

 

Diskon Ongkir

Biaya kirim yang tinggi biasanya menjadi salah satu faktor transaksi dibatalkan oleh calon pembeli. Apalagi di zaman serba online, pembeli tentu harus membuat spare budget selain untuk membeli namun juga untuk membayar ongkir.

Potongan ongkos kirim ini akan sangat menguntungkan, untuk pelanggan repeat order atau bisa jadi menggaet konsumen baru. Namun, perlu dicatat, supaya kamu tidak mengalami kerugian kamu bisa menerapkan diskon ini dengan meminta pelanggan melakukan minimum beberapa pesanan.

 

Wah, ternyata ada banyak ya cara untuk menggaet hati konsumen? Lumayan pusing juga kalau harus mengurus semuanya secara berbarengan. Kamu bisa nih pakai aplikasi POS untuk mengatur administrasi usahamu jadi lebih mudah, Kamu jadi tidak perlu bingung dan menghabiskan banyak waktu.

 

Yuk, gunakan Luna sekarang! Klik di sini!

LEAVE A COMMENT