Diskon dan Happy hour, Apa Perbedaannya?

Sering mendengar happy hour saat berkunjung ke restoran? Atau melihat kata diskon saat pergi ke toko retail? Emang perbedaan diantara keduanya itu apa sih?

Dalam berjualan, tak jarang orang menggunakan berbagai strategi pemasaran yang unik dan beragam. Dengan strategi tersebut, diharapkan toko atau restoran mendapatkan kenaikan jumlah pelanggan. 

Meskipun kenaikannya mungkin tidak akan signifikan atau berlangsung lama, namun dapat menambah pemasukan ke anggaran dana. Untuk itu beberapa toko atau restoran menerapkan sistem diskon dan happy hour.

 

Promosi: Strategi dalam Berbisnis

Promosi adalah salah satu upaya yang dilakukan dalam bisnis untuk menawarkan produk atau jasa. Bentuk penawaran tersebut selain bertujuan untuk meningkatkan keuntungan, bisa juga untuk sekadar menyebarkan informasi produk atau brand awareness kepada target market atau masyarakat luas. 

Bentuk promosi dapat dilakukan melalui medium yang berbeda tergantung dari kebutuhan yang ingin dicapai. Beberapa perusahaan atau pelaku bisnis ada yang memasarkan lewat email, WOM, iklan atau media sosial.

Meskipun penggunaan media sosial sedang masif di era ini, tidak dapat dipungkiri bahwa WOM atau word of mouth masih sangat berpengaruh sebagai media promosi. Orang-orang dapat lebih tertarik untuk membeli jika mendapatkan testimoni yang terpercaya atau langsung dari orang terdekat.

 

Metode lain dalam berbisnis, apa tuh?

Selain WOM, dengan memajang pamflet atau menyebar brosur berisikan informasi produk atau layanan juga masih sangat berguna, lho. Umumnya selain berisikan informasi produk atau layanan, brosur atau pamflet ini juga menyebarkan informasi seperti diskon atau happy hour. Tapi, sebetulnya apa sih kedua-duanya itu?

Happy hour memang lebih sering ditemui di restoran, bar atau festival yang menawarkan potongan harga atau gratis item dalam satu transaksi pembelian. Istilah ini memang berasal dari barat. Oleh karena itu, happy hour digunakan sebagai fitur yang menyediakan sajian gratis selama rentang beberapa jam tertentu.

Lain halnya dengan diskon yang memiliki rentang waktu lebih lama dibandingkan happy hour. Diskon sangat mungkin dan sering ditemui di toko-toko non food and beverages. Jangka waktu yang lama dalam diskon ini memungkinkan untuk menarik pelanggan lebih banyak karena aksesnya yang lebih lama dibanding happy hour.

 

Perbedaan antara Diskon dan Happy Hour

Sebetulnya keduanya memiliki konsep yang sama yaitu memberikan potongan harga. Diskon memberikan pelanggannya potongan harga langsung saat pembayaran, sementara happy hour bisa jadi tidak dalam bentuk potongan harga melainkan produk lainnya dalam menu.

Istilah happy hour juga lebih sering ditemui di restoran atau cafe. Hal tersebut karena banyaknya item atau produk yang di-bundling dibandingkan diskon yang membebaskan pembelinya untuk membeli barang tanpa batasan atau paket tertentu.

Sebagai penjual, kamu bisa menerapkan salah satu bentuk promosi ini ke dalam bisnismu. Kamu dapat melakukan inovasi semenarik mungkin dalam melakukan promosi. Untuk menghitung seluruh proses transaksi, kamu bisa lebih mudah dengan menggunakan Luna.

Aplikasi POS dapat membantu kamu untuk melakukan input data secara langsung dengan otomatis, mudah dan cepat.  Kamu tak perlu pusing lain berkreasi dalam bisnis, perhitungan bisnis jadi cepat selesai karena #UntungAdaLuna!

LEAVE A COMMENT