Belajar Mengembangkan Hobi Jadi Bisnis, Kenapa Nggak?

Setiap orang memiliki kesukaan tersendiri, beberapa berlanjut menjadi hobi. Hobi yang ditekuni lebih jauh malah terkadang berkembang menjadi bisnis. Kok bisa, ya?

Banyak hal yang bisa dijadikan ide usaha jika kita mampu memperhatikan hal-hal sekitar dengan detail. Salah satunya dengan menggunakan hobi sendiri sebagai ladang cuan. Semua orang tentu punya hobi atau setidaknya hal-hal yang disukai, kan?

Sebetulnya nggak mudah untuk menjalankan sebuah usaha dengan minat. Diperlukan konsistensi yang penuh untuk bisa mempertahankan sebuah bisnis. Terlebih jika menjalani bisnis dengan dasar hobi kamu harus memiliki ketekunan yang bulat. 

Percaya do what you love and love what you do?

Mengembangkan sebuah bisnis hanya dengan dasar hob sangat lah mungkin dilakukan. Apakah kamu tahu pepatah “do what you love and love what you do”? Pepatah tersebut bisa dijadikan patokan bagi yang berbisnis dengan dasar hobi.

Beberapa orang dengan hobi yang unik dari kebanyakan memang memiliki kemungkinan lebih dilihat. Selain unik, yang dijual dari hobi juga adalah orisinalitas dari produk. Menjual produk hasil tangan sendiri sangat memungkinkan produkmu memiliki daya tarik tersendiri.

Menjual produk pertama bisnismu dapat menjadi benchmark bisnis yang menempel di ingatan pelanggan. Dengan menyiapkan strategi yang baik dan matang saat peluncuran pertama kali, kamu bisa mendapatkan perhatian yang cukup dari target marketmu.

Perhatian yang sudah berhasil terpancing ini jangan sampai disia-siakan. Saatnya mencoba menawarkan produkmu dengan berbagai taktik yang mampu memikat pelanggan baru. Misalnya, dengan memberikan potongan pada pembelian kedua. Sebagai catatan, service yang baik mampu membuat pelangganmu kembali lagi.

Kembangkan bisnismu lebih jauh lagi

Taktik menyebar informasi bisnis ke orang-orang yang lebih awam memang agaknya lebih sulit. Dilansir dari beberapa sumber, ada baiknya untuk mencoba promosi ke komunitas ketika berjualan produk. Klub, kelompok atau komunitas ini dapat memberikan banyak kesempatan untuk bisnismu makin berkembang.

Di dalam komunitas bisa jadi ada orang yang tertarik untuk membuat bisnis yang serupa. Setelah menyelip atau bahkan membuat komunitas sendiri dari bisnis hobimu, kamu tetap harus mempelajari tiap produk yang memiliki kemungkinan menjadi saingan produkmu. Sebagai pebisnis, setiap peluang harus diakali dengan lebih kreatif supaya memiliki daya tarik.

Bisnis yang bermula dari hobi tersebut seringnya dijumpai dalam bentuk kedai. Di kota-kota besar atau bahkan pinggiran sekalipun bisa dimisalkan seperti kedai kopi. Tentunya, hobi orang-orang yang suka nongkrong atau ngopi bisa tersalurkan dengan adanya usaha yang dibangun dari “hobi ngopi dan nongkrong”.

Dalam menjalankan bisnis kedai, sangat mungkin kamu memerlukan aplikasi yang dapat membantu perhitungan bisnismu. Luna dapat membantu kamu lebih cepat dalam memproses dan mengelola seluruh perhitungan bisnismu dalam satu aplikasi, yuk coba di sini!

 

LEAVE A COMMENT