Fitur yang Wajib Ada di Software Kasir

Dalam menjalankan bisnis, seorang pebisnis perlu mengatur banyak hal. Hal tersebut mencakup penjualan, perhitungan stok, laporan dengan vendor hingga modul pelaporan. Terlebih jika kamu menjalani bisnis yang memerlukan bukti pembayaran untuk pelanggan secara langsung. Untuk itu, pebisnis perlu memilih dengan baik fitur yang wajib ada di software kasir untuk usahanya.

Menyadur dari artikel di sini, 56% pemilik toko belum memiliki sistem point of sales untuk membantu perhitungan bisnisnya. Hal tersebut ternyata diketahui karena beberapa masih takut atau ragu untuk mengadopsi teknologi baru. Beberapa kendala mungkin sudah terbayang dalam benak para pemilik toko ini.

Faktanya, aplikasi ini akan membantu seluruh kerja yang mungkin akan memakan banyak waktu. Software kasir tentu akan membuat penggunanya memiliki banyak waktu untuk mengembangkan bisnisnya. Misal, pebisnis bisa mulai meningkatkan kepuasan pelanggan dan menarik target konsumen yang baru.

Metode manual sungguh bukan lagi pilihan tepat untuk memproses seluruh kegiatan tersebut.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya ada banyak hal yang harus dikerjakan, seperti mengurus gudang, melakukan promosi atau pemasaran, merekap laporan penjualan. Jika hal ini dilakukan terus menerus, bisa jadi banyak hal terlewatkan oleh pebisnis. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan sistem point of sales.

Pesatnya teknologi kini sudah hadir dalam kehidupan sehari-hari. Banyaknya aplikasi yang mungkin terlihat remeh ternyata memberikan banyak perubahan signifikan terhadap rencana atau kegiatan yang dilakukan.

Software kasir sebagai terobosan baru dalam berbisnis

Mulai banyak software atau sistem untuk bisnis yang dibuat untuk menyelesaikan segala pekerjaan hitungan dengan mudah dan cepat. Aplikasi ini biasanya mencakup pengelolaan stok, perhitungan penjualan dan pembelian, hingga merekapnya menjadi satu laporan yang dapat ditinjau ulang dengan mudah. Berikut ini ada fitur-fitur yang wajib ada di software kasir, yuk simak!

  • Point of Sales

Dari poin utamanya, tentu software harus memiliki sistem yang mengatur pembayaran penjualan dan pembelian barang atau jasa yang dibeli. Sistem Point of Sales atau POS ini mempermudah penggunaannya untuk mengumpulkan data penjualan dan pembelian dalam satu periode waktu lebih akurat. Hal tersebut dapat memaksimalkan pebisnis dalam melakukan perhitungan.

  • Manajemen Inventory

Mengelola stok adalah hal yang utama dalam keberlangsungan toko. Jika berhasil melakukan pengelolaan dengan baik, maka perencanaan untuk stok dan keuangan dapat diprediksi dengan tepat. Fitur manajemen inventory sebaiknya dihadirkan juga dalam software untuk mempermudah pemantauan persediaan stok, baik yang di gudang mau pun yang harus dipajang.

  • Pelaporan dan Analisis Penjualan

Banyaknya transaksi yang keluar dan masuk menjadi salah satu kendala jika pebisnis menerapkan metode manual dalam bisnisnya. Untuk itu, sebaiknya software memiliki sistem yang mampu merekam seluruh transaksi dengan cepat dan akurat. Sebagai tambahan, software yang baik juga memberi kemudahan untuk akses seluruh data bahkan dalam keadaan offline.

Sebagai pemerhati keluhan yang muncul di bidang manajemen ini, Luna hadir untuk membantu pebisnis mengelola laporan lebih mudah. Iya, Luna juga memfasilitasi penggunanya dengan kebutuhan akuntansi bisnis di satu aplikasi yang sama. Kamu jadi nggak perlu repot lagi pindahkan data bisnismu untuk dikelola!

Yuk, coba Luna POS sekarang!

LEAVE A COMMENT