Apa Itu Bisnis Jasa dan Ritel? Apa Saja Jenis-jenisnya?

Berbisnis nggak hanya soal jual beli barang seperti di warung. Tenyata, yang dilakukan oleh Mbak tukang salon atau Abang tukang cuci mobil juga termasuk dalam bisnis. Iya, namanya bisnis jasa. Apa saja sih bisnis jasa dan ritel? Ada banyak jenis-jenisnya, ya?

 

Bisnis sudah bertumbuh jauh melewati beberapa era. Mulai dari ratusan tahun lalu, masyarakat Indonesia sudah melakukan bisnis atau lebih akrab disebut perdagangan pada masanya. Mereka yang hidup di daerah pertanian, perkebunan atau pinggiran pantai sudah menerapkan sistem barter sebagai alat pengganti uang.

Masuk ke era globalisasi, beberapa perusahaan di belahan dunia memperlihatkan transparansi bisnisnya. Hal tersebut tentu dilakukan dengan tujuan tertentu missal, menunjukan bahwa perusahaan adalah badan yang bonafide atau jujur. Persaingan bisnis mulai tingkat nasional, multinasional bahkan internasional sengit melakukan perdangangan untuk saling berebut menguasai pasar dunia di bidang barang dan jasa.

Dalam skala yang lebih kecil, bisnis bidang jasa dan ritel juga ternyata dilakukan oleh masyarakat. Namun, pastinya nggak sesengit perusahaan tingkat internasional ya. Usaha warung, jasa salon, atau cuci kendaraan adalah contoh yang dapat diambil dari kehidupan sehari-hari.

 

Bisnis Jasa

Bisnis jasa adalah bisnis yang menawarkan bentuk pelayanan kepada pelanggannya. Umumnya, bisnis ini menawarkan keahlian khusus yang hanya bisa dilakukan oleh ahli atau praktisinya. Sebagai pebisnis, bidang jasa adalah bidang yang ramai digandrungi karena bisa menghasilkan dengan cepat.

Namun, hal tersebut tentu harus diimbangi dengan seberapa memuaskan jasa yang kamu tawarkan. Patokan yang nggak pasti ini menyebabkan bisnis jasa, seringnya, nggak dibayar dengan pasti. Itu disebabkan karena bisnis jasa nggak punya harga pokok atau produksi yang bisa jadi nilai ukur.

Biasanya, untuk mengakali hal pembayaran yang labil ini, para pebisnis bidang jasa menawarkan rate card di awal supaya ada patokan yang bisa dikira-kira untuk setiap pelayanan. Rate card tersebut bisa kamu temui misalnya pada jasa penerjemahan, jasa titip beli, atau jasa photo atau video shooting.

 

Bisnis Ritel

Bisnis ritel secara umum dikenal sebagai bisnis eceran. Pebisnis ritel berperan sebagai perantara menghubungkan produsen atau grosir dengan konsumen yang membeli dalam jumlah kecil lebih sedikit atau satuan. Sebagai penjual, pengecer memperoleh keuntungan dengan menetapkan harga tambahan tertentu pada produk dagangannya.

Membuka bisnis ritel selain menguntungkan pihak grosir dan pengecer, juga memudahkan pembeli dalam membeli barang yang diinginkan. Nggak semua barang tersedia secara ecer. Oleh karena itu, bisnis ini akan sangat menguntungkan apabila pebisnis memilih barang dagang dengan permintaan tinggi secara satuan namun produsen hanya menyediakan secara grosiran.

Meskipun harga yang ditawarkan pada bisnis ritel ini beragam tergantung harga awal dan persetujuan harga tambahan, orang-orang tetap ramai membeli. Bahkan bisnis dengan metode ritel ini dapat menjadi sarana yang baik bagi produsen untuk memasarkan produknya secara cuma-cuma.

 

Jenis-jenis Bisnis Ritel

Karena bisnis jasa tidak memiliki hitungan yang pasti, bisnis jasa tidak memiliki banyak jenis. Bisnis jasa hanya bergantung pada rate card penyedia jasa. Namun, bisnis ritel memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan produk yang dijual, kepemilikan dan lokasi penjualan.

  • Berdasarkan Produk yang Dijual: product retail, service retail,┬ádan non-store retail
  • Berdasarkan Kepemilikan: ritel mandiri, waralaba, dan kelompok usaha
  • atau, Berdasarkan Lokasi Penjualan: pengecer pribadi langsung ke konsumen dan gabungan pengecer dalam satu kawasan yang sama

Nah, untuk mengatur keuangan yang nampak rumit dari kedua bisnis ini, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi kasir Luna. Luna adalah aplikasi yang siap bantu kamu dari mulai masalah perhitungan laporan keuangan, gudang hingga integrasi setiap bagiannya. Kamu jadi nggak perlu repot lagi hitung manual. Kalau bisnis yang kamu jalani itu bisnis jenis ritel, Luna cocok banget buat kamu coba!vSaatnya bisnis kamu Go Digital dengan Luna! Ssstt, free trial buat kamu 30 hari lho, klik di sini!

#UntungAdaLuna

LEAVE A COMMENT