Aplikasi POS Untuk Bisnis Restoran dan Cafe

Orang-orang mungkin dapat menahan nafsunya untuk berbelanja kebutuhan sekunder seperti berbelanja elektronik ataupun hobi. Akan tetapi, masalah perut pasti tidak bisa ditawar-tawar. Tidak heran jika akhir-akhir ini sektor bisnis kuliner justru semakin banyak digeluti oleh orang-orang yang tertarik untuk berwirausaha.

Buat Anda yang mungkin tertarik untuk merambah dunia bisnis kuliner, tetapi masih bingung harus memulai darimana, di bawah ini tersedia tips yang bisa membantu Anda untuk memulai bisnis kuliner serta aplikasi POS yang cocok untuk restoran Anda.

 

Miliki Komitmen yang Kuat

Kunci utama untuk menjalankan sebuah bisnis adalah komitmen. Bisnis apapun yang sedang maupun akan Anda mulai membutuhkan sebuah komitmen yang kuat. Karena sebuah komitmen yang dimiliki oleh pebisnis adalah tantangan yang besar dalam sebuah usaha. 

Walaupun bermodalkan usaha kecil-kecilan, bisnis kuliner Anda harus tetap terorganisir dan terencana dengan baik. Anda tentunya tetap harus mempertimbangkan bagaimana pelayanan terbaik untuk konsumen Anda dan timbal balik antara pengeluaran biaya produksi dengan pendapatan.

 

Inovasi konsep bisnis kuliner yang menarik

Di dalam bisnis apapun, sebuah konsep menarik menajadi nilai tambah tersendiri dalam bisnis tersebut. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membuka bisnis kuliner sebaiknya Anda memikirkan konsep semenarik mungkin dan usahakan konsep tersebut original yang berbeda dari bisnis kebanyakan.

Konsep yang membuat seseorang penasaran dan bertanya-tanya produk apa yang dijual, apa keunikan dari produk tersebut dan pelayanan seperti apa yang ditawarkan. Dengan demikian Anda akan mudah menjaring konsumen.

Mungkin sudah tidak asing lagi konsep bisnis kuliner dengan nama yang “nyeleneh” atau konsep dekorasi yang tidak lazim. Tapi hal ini terbukti membuat konsumen penasaran dan memaksa konsumen untuk mencobanya. Masyarakat kita saat ini ingin mencoba sesuatu yang baru, mereka sudah bosan dengan kuliner yang biasa-biasa saja. Karena memiliki rasa masakan yang enak saja tidak cukup untuk membuat konsumen loyal.

 

Perhitungkan Dana Awal Usaha dengan Matang

Ini merupakan salah satu poin krusial yang sering menjadi pengganjal bagi orang-orang yang ingin terjun ke dunia bisnis. Banyak para calon pebisnis yang mengeluh bahwa mereka kesulitan dalam mendapatkan uang untuk dijadikan modal awal usaha mereka. Akan tetapi, jika Anda dapat memperhitungkan sektor pengeluaran awal secara matang dan seefisien mungkin, hal ini dapat dihindari. 

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah memulai bisnis dari modal yang Anda miliki, kemudian secara berkala menyisihkan keuntungan yang kelak akan bisa digunakan untuk menjadi modal tambahan. Atau, Anda dapat melakukan jalan pintas untuk memulai bisnis kuliner Anda dengan meminjam modal ke koperasi atau Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

 

Cari Lokasi Usaha yang Strategis

Lokasi bisnis yang strategis merupakan poin yang sangat krusial, terlebih bagi sebuah bisnis yang baru dimulai. Pastikan lokasi yang Anda pilih merupakan lokasi strategis yang gampang untuk diakses dan ramai.

Selain itu, pertimbangkan pula peta persaingan bisnis di lokasi yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda membuka sebuah bisnis kuliner yang sejenis dengan sebuah brand ternama di lokasi yang berdekatan, tentu Anda akan mengalami kesulitan untuk menarik konsumen.

 

Tentukan Target Pasar

Sekarang saatnya Anda untuk menentukan target pasar dari produk yang akan Anda jual. Target pasar dalam bisnis kuliner memang bisa sangat luas.

Akan tetapi jika Anda dapat menentukan target secara spesifik tentu akan mempermudah Anda untuk fokus dalam menggaet konsumen awal yang akan menjadi bahan promosi Anda.

Misalnya, jika Anda membuka bisnis kuliner dengan target pasar mahasiswa, sebaiknya Anda fokus terhadap faktor pendukung bisnis yang dapat menggaet mahasiswa. Jika Anda berhasil menggaet target pasar ini, dengan sendirinya brand bisnis kuliner Anda semakin dikenal luas.

 

Gunakanlah Teknologi yang Modern

Mengatur administrasi bagi kebanyakan pebisnis baru adalah hal yang membingungkan dan menyita banyak waktu. Saat ini banyak teknologi baru yang bisa digunakan untuk membantu menjalankan bisnis Anda seperti aplikasi POS (Point of Sale).

Dengan menggunakan teknologi terbaru, jelas bisnis Anda akan berada selangkah lebih maju dibandingkan dengan para pesaing Anda yang masih melakukan perhitungan dan pencatatan secara manual.

Luna adalah aplikasi POS yang modern dan memiliki fitur yang lengkap untuk membantu penggunanya dalam melakukan pencatatan transaksi, stok barang, menu, pengaturan pelanggan, dan lainnya hanya dalam satu aplikasi.
Terlebih lagi, dengan harga yang cukup terjangkau bagi pebisnis pemula, aplikasi POS Luna dapat menjadi solusi untuk menghemat modal awal bisnis kuliner, lho! Tersedia pula beberapa paket pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Luna sekarang!

LEAVE A COMMENT